Kunjungan SD Sekaran 01 ke Laboratorium Matematika FMIPA UNNES

Pada hari Jum’at tepatnya pada tanggal 25 Februari 2011 Laboratorium matematika mendapat kunjungan dari SD Sekaran 01 yang terdiri dari siswa-siswa kelas VA dan VB. Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang dari Ibu Emi Puji Astuti selaku Ketua Laboratorium Matematika FMIPA UNNES kepada rombongan kunjungan pertama dari kelas VA yang berjumlah sekitar 50 siswa. Kunjungan dibagi menjadi 2 rombel yaitu rombel 1 kelas VA dan rombel 2 kelas VB.

Ibu Emi mulai menjelaskan tentang pengenalan kepada beberapa macam bangun datar dan bangun ruang. Penanaman konsep matematika memang harus dimulai sejak dini supaya ketika dewasa nanti kita tidak salah kaprah pemahaman tentang konsep dasar  matematika. Begitulah inti dari penjelasan beliau. Sebagai contoh ketika Ibu Emi memegang model segitiga dan model bidang segitiga. Awalnya para siswa menjawab bahwa kedua model itu sama-sama segitiga, padahal tidak. Yang satu tidak memiliki bidang dan yang satunya memiliki bidang. Beliau juga menunjukkan bahwa anak-anak SD dalam memahami matematika harus dibantu dengan benda kongkret yaitu alat peraga karena matematika itu ilmu abstrak sehingga para siswa tidak berangan-angan saja dalam membayangkan benda-benda geometri. Dan juga dalam membantu penghafalan-misal nama-nama bangun ruang-dapat dilakukan dengan melagukan nama-nama bangun ruang tersebut supaya anak-anak bisa merasakan bahwa matematika itu menyenangkan.

Setelah pengenalan dari Bu Emi, acara kunjungan dilanjutkan dengan pengenalan alat-alat peraga yang berada di Laboratorium Matematika. Dengan didampingi PMC, para siswa tersebut diperkenalkan tentang beberapa alat peraga. Seperti apa yang dijelaskan Bu Emi bahwa  fungsi dari alat peraga adalah membantu pemahaman siswa tentang materi-materi geometri. Sebagai contoh yaitu mencari volume kubus yang dapat dihitung langsung dengan mengisi satuan volume kubus – kubus kecil ke dalam kerangka bidang kubus sehingga mereka bisa menemukan sendiri rumus dari volume kubus tersebut.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s